Lilypie - Personal pictureLilypie Third Birthday tickers

Jumat, 11 Mei 2012

"Pendidikan seks untuk Anak", menjawab pertanyaan si kecil " aku datangnya dari mana?"

Berkaca pada kenyataan sekarang ini, bahwa sangat sulit membentuk pribadi anak yang kuat dan beriman, jadi merupakan tantangan besar buat gw sebagai seorang ibu dari seorang putri untuk bisa menjadi orang tua dan sahabat yang baik buat zaza. Ada kata - kata bijak dari toge aprilianto ( milist salingbelajar) yang sampe sekarang selalu gw taro di depan mata gw sehingga gw selalu inget, kata - katanya adalah " KUDIDIK DIRIKU DEMI MENDIDIK ANAKKU"... yap jadi orang tua itu ngga ada sekolahnya, ngga ada mata pelajaran khusus buat bikin anak kita jadi pintar, baik, sholeh/ha. Semua berdasarkan pengalaman dan sharing, dan ngga semua anak bisa diperlakukan sama karena setiap anak berbeda, oleh sebab itu gw paling seneng ikut seminar ataupun milist yang bisa nambah pengetahuan soal anak, walaupun gw cuam sebagai silent reader ngga masalah toh, yang penting gw bisa dapet ilmu dari sana. Sebenernya salah satu temen gw @indahkurniawaty sama temen2nya di supermomsid bikin seminar bersama Ibu Elly Risman mengenai pengenalan seks pada anak, tetapi karena waktunya ngga pas banget sama gw, akhirnya gw ngga ikut, sedih sich.. tapi yach sudah nanti tinggal baca - baca aja di blog temen temen yang ikut seminar.

Balik ke judul diatas, udah lama sebenernya nemu pembahasan mengenai pendidikan seks pada anak, dan sudah sempet baca- baca dan yang sering kita dengar dari anak (usia 2 - 3th) adalah pertanyaan : "bun/mom/mah/bu aku datengnya dari mana ?", dan biasanya si ibu/mommy/bunda akan menjawab dengan cepat datengnya dari perut, padahal zaza sendiri keluarnya kan bukan dari perut, secara gw lahirannya normal  :) dan untuk anak yang sudah agak besaran ( 3th - 6thn) mungkin akan bertanya lebih lagi, knapa bisa dari perut ? bagaimana dede bisa ada di perut bunda?  dan seterusnya... Untuk zaza mungkin dengan menjawab keluar dari perut dia cuma akan bilang yach udah keluarin lagi dede dari perut bunda, bagi dia selesai percakapan ini, tapi buat anak - anak yang sudah mulai besar bagaimana kita bisa menggambarkan asal muasal mereka dari mulai awal sampai mereka lahir, finally gw dapet di thread : [SB] Pendidikan seks untuk anak soal bagaimana penjelasan yang logis buat menjawab pertanyaan - pertanyaan itu, tinggal gw tambahin/kurangin aja kalo tiba waktunya zaza nanya nanya lagi. Dibawah ini thread yang gw copas dari milist SB ( untuk yang pengen tau lebih detail cari aja di perpus salingbelajar@googlegroups.com)

"cemplungin kacang ijo ke gelas berisi air n ajak dia amati proses kelahiran toge, dr bibit berupa biji kacang ijo. lalu jelasin bhw anak bs lahir dr perut maminya, krn papinya kasih bibit ke maminya, yg kemudian disimpen di perut maminya, buat dirawat smp anak siap lahir ke dunia. biasanya 9 bulan anak dirawat di perut maminya. nah, darah si papi ada di dlm bibit yg dikasih ke mami. itu knp anak jg sedarah sm papinya. jd bkn cm sedarah sm maminya. jelasin jg bhw papi cm ksh bibit ke mami. itu tgs suami utk istrinya. mami jg cm terima n rawatin bibit dr papi krn itu tgs istri utk suaminya. makanya papi-mami disebut suami-istri. klo bkn suami-istri, ga bole ksh bibit n ga bole terima bibit.klo dia tanya bibitnya spt apa, bilang "mami jg ga pernah liat krn kecil banget shg ga bs diliat". klo ngejar, ajak dia liat aroma parfum. jd, semprot parfum ke udara, lalu jelasin bhw parfum ga keliatan, krn kecil banget, shg cm bs dirasa/dibau.klo dia tanya bgm cara papi kasih bibit ke mami, jwbnya: disemprot, spt td wkt mami semprot parfum, lwt saluran yg nyambung ke perut mami. itu bedanya mami sm papi. cm mami yg punya saluran ke perut. itu knp cm mami yg bs lahirin anak. papi ga bs lahirin anak krn papi ga punya saluran ke perut."

Thanks to yudith yang sudah ajak gw gabung di milist ini....
:)

1 komentar:

ira mengatakan...

gw ga pernah tau lo punya blog xixixi. follow ah...